Satu dasawarsa lebih otonomi telah berlalu. Sebuah langkah terobosan berani termasuk dalam kehidupan berdemokrasi dan pelayanan publik telah dilakukan. Prakteknya tidak selalu semua seperti yang diharapkan seperti dalam bentuk normatifnya. Disinilah menariknya. Realitas tidak selalu sama seperti yang diteorikan.

Begitu banyak penelitian, artikel dan buku telah diluncurkan dalam topik otonomi. Demikian pula dari sudut pandang yang digunakan. Buku ini mencoba melihat fenomena otonomi dari kata mata tarikan global, regional dan nasional. Kami memberanikan diri membahas dari kajian kebijakan publik, bisnis internasional bahkan hubungan internasional.

Secara lebih spesifik, buku ini tentang bagaimana tiga daerah yaitu Purbalingga, Makassar dan Banjarbaru berusaha memaknai aturan-aturan pemerintah pusat, mensinergikannya dengan potensi dan karakteristik daerah yang mereka miliki serta tarikan-tarikan global dan regional yang begitu kuat. Pada bagian akhir buku ini kami mengusulkan model best practice perizinan usaha yang integratif. Kami berharap model tersebut dapat menjadi satu alternatif para pengambil kebijakan dalam menyiasati globalisasi. Prof Dr Eko Prasojo Guru Besar Ilmu Administrasi Publik FISIP Universitas Indonesia dan Wakil Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi RI berkenan memberikan kata pengantar. Hal ini menambah bobot pentingnya buku ini.

Buku ini merupakan hasil penelitian tim dimana saya sebagai koordinator/peneliti utama dibantu Dr. Hamid Chalid, Desy Hariyati dan Sigit I Prianto sebagai anggota tim peneliti. Buku ini diterbitkan oleh Masyarakat Transparansi Indonesia (MTI), Jakarta.

Satu terobosan yang kami lakukan adalah mendistribusikan secara online. Kami menjual buku ini dalam bentuk buku elektronik (e-book) dengan provider www.wayangforce.com. Langkah ini kami pilih sekaligus untuk membuktikan apakah pasar dengan segmen sangat spesifik ini merespon dengan baik. Nah, ketika membaca tulisan ini tentu Anda lah salah satunya. Silakan membaca preview-nya dan membeli e-book kami tersebut di link berikut ini.

http://wayangforce.com/index.php/indexme/bookdetail/book_id/16147

Untuk mengetahui lebih dalam dan bergabung bersama komunitas lain yang memiliki minat studi yang sama, silakan mengunjungi laman berikut https://www.facebook.com/MemenangiGlobalisasi dan jangan lupa klik ’suka’ bila Anda mendapatkan manfaat.

Masukan dan kritik senantiasa kami tunggu untuk perubahan yang lebih baik di masa depan baik melalui email, FB, twitter maupun laman ini. Terima kasih banyak.  Silakan follow @tirtamursitama


blogFeatured
Author: admin

Get Connected