14
Nov
2014
1

Departemen HI Binus: Belajar Dari Tiongkok

Ketua Departemen Hubungan Internasional Fakultas Humaniora Universitas Bina Nusantara, Tirta N. Mursitama, PhD, menjadi visiting scholar di College of Economics and Management, Fujian Normal University, Tiongkok sejak tanggal 5 – 12 November 2014. Kegiatan ini disponsori oleh Confusius Institute Jakarta bekerjasama dengan Fujian Normal University (FNU).

Sebagai visiting scholar, Dr. Tirta melakukan berbagai kegiatan antara lain bertukar pikiran pengembangan perkuliahan, menjajaki kerjasama dengan sejumlah universitas, mengikuti seminar dan bertukar pikiran dengan pejabat dinas kependidikan Provinsi Fujian hingga melakukan wawancara dan observasi langsung tentang kemajuan Tiongkok kepada para peneliti Tiongkok.

Kerjasama pendidikan dan penelitian yang dijajaki Departemen Hubungan Internasional Universitas Bina Nusantara antara lain dengan dua institusi penting. Pertama, Fujian Agricultural and Forestry University (FAFU). Dalam pertemuan dengan Eric Chen Youyang, Deputy Director Office of International Cooperation and Exchange, disepakati akan dilakukan pembicaraan lebih lanjut kegiatan pertukaran mahasiswa, dosen, penelitian bersama hingga pendidikan lanjutan. Beberapa Fakultas yang relevan untuk menjadi mitra kerjasama di FAFU adalah College of Humanities and Law dan College of Economics.

 

Kedua, diskusi kemajuan ekonomi Tiongkok dan penjajakan kerjasama dengan School of Economics Fujian Normal University dengan Dr. Huang Mao-xing. Dalam kesempatan tersebut disepakati kerjasama penelitian antara Departemen Hubungan Internasional dengan Economic Comprehensive Competitiveness Research Center, School of Economics Fujian Normal University. Pada kesempatan tersebut Dr. Tirta juga menerima tiga publikasi prestisius terkait daya saing Tiongkok karya para peneliti dari pusat penelitian tersebut.

Selain itu, Dr. Tirta juga mengunjungi berbagai fasilitas pendidikan di Fujian Normal University seperti ruang kuliah, ruang administrasi universitas, ruang kontrol pengajaran yang dilengkapi multimedia, music hall, dan exhibition hall yang menyimpan sejarah universitas yang berdiri sejak tahun 1907.

Tiongkok telah berkembang pesat. Kota Fuzhou dimana FNU terletak juga dapat dikategorikan sebagai kota yang maju dengan infrastruktur yang baik dan lengkap. Fasilitas kampus di FNU dan FAFU yang modern dan tradisi keilmuwan yang tinggi menunjukkan Kota Fuzhou sebagai asal muasal Jalur Sutera Laut. Tidak salah bila universitas di Fujian menjadi salah satu tujuan belajar bagi mahasiswa Binus University, khususnya mahasiswa Hubungan Internasional.

 

sumber : ir.binus.ac.id

1

You may also like

Mencermati Singapura
Mengapa WNI kerap dijadikan sasaran penculikan Abu Sayyaf?
RI Turns to Russia for Weaponry
RI Diserukan tetap Libatkan Kelompok Informal Soal Sandera
Diplomasi Investasi, Bila Poros Bergeser Ke China

Leave a Reply